Tuesday, June 11, 2013
0 komentar

Pasar Unik di Tengah Indahnya Wamena

11:22 PM
Jum'at, 25 Januari 2013 - 06:45 wib wib
Mutya Hanifah - Okezone 


Pasar Jibama, Wamena


Pasar Jibama merupakan pasar terbesar yang ada di Kota Wamena, Provinsi Papua. Pasar ini adalah pasar rakyat yang mempertemukan penjual dan pembeli di sekitar Lembah Baliem. Pasar ini menjajakan hasil bumi lokal, seperti sayur-sayuran, buah, juga tembakau.

Ada pula kerajinan lokal, seperti koteka, noken (tas wanita papua) dan yeraanggen (perhiasan yang terbuat dari taring babi). Pasar Jibama juga menjual bunga abadi, bukan bunga edelweiss melainkan bunga khas Wamena yang berwarna-warni dan sekilas tampak seperti bunga kertas. Bunga ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

Sekilas, pasar ini tampak biasa, namun jika menelusurinya lebih lanjut Anda akan menemukan berbagai hal unik dan menarik. Di pasar ini, Anda masih bisa melihat banyak pedagang maupun pembeli yang mengenakan koteka. Maklum, kebanyakan pedagang pasar ini adalah penduduk pedalaman dari Lembah Baliem.

Selain kerajinan tangan khas Lembah Baliem, di pasar ini Anda juga bisa menemukan buah legendaris Papua, yaitu buah merah yang katanya berkhasiat sebagai antivirus HIV.

*********************

 
Toggle Footer
Top