Saturday, October 26, 2013
0 komentar

Pemerintah Kerja Keras Capai Swasembada 2014

10:33 AM
VIVAnews - Menteri Pertanian, Suswono, mengklaim bahwa kementeriannya tetap optimistis untuk bisa mencapai swasembada pangan. 

"Tentu saja kami akan berusaha secara maksimal. Nanti, kalau tidak tercapai, kami akan menyampaikan hambatannya seperti apa," kata Suswono dalam konferensi pers "Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-33 Tahun 2013" di Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat 25 Oktober 2013.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan lima bahan pangan yang akan dijadikan swasembada pada 2014. Kelima bahan pangan itu adalah daging, gula, beras, kedelai, dan jagung. Pada beberapa waktu lalu, pemerintah mengklaim bahwa swasembada pangan tinggal selangkah lagi.

"Kalau dalam persentase, beras, tingkat swasembada sudah 100 persen. Sedangkan jagung mungkin 98 persen, dan gula pasir 95 persen. Kemudian yang kedelai itu 30 persen. Yang lainnya sudah mendekati 100 persen. Daging sapi 85 persen," kata Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, ketika ditemuiVIVAnews, belum lama ini.

Suswono mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi target swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Nantinya, evaluasi tersebut akan digunakan untuk pelaksanaan swasembada pada tahun berikutnya.

"Kalau tidak bisa mencapai target swasembada 2014, kami akan menyampaikan problem-problem yang bisa menghambat target swasembada ini, sehingga bisa dijadikan landasan untuk mencapai target swasembada di tahun berikutnya," kata dia.

Suswono menambahkan, pihaknya hanya merevisi target swasembada gula. Masalahnya, swasembada tersebut tidak tercapai, karena penambahan lahan yang tidak ada, revitalisasi pabrik belum terlaksana, dan tidak adanya pembangunan pabrik gula baru.

"Revisi target sementara di gula. Yang lain-lain masih dioptimalkan. Target semula 5,7 juta ton untuk konsumsi rumah tangga dan industri. Karena tidak ada lahan, revitalisasi pabrik, dan penambahan pabrik gula, kami konsentrasi pada target 3,1 juta ton untuk konsumsi tahun depan," kata dia. (art)
 
Toggle Footer
Top