Friday, August 9, 2013
0 komentar

Batang Siapkan Rp3,57 Miliar untuk Renovasi Pasar Bandar

6:43 PM
Kamis, 08 Agst 2013
Oleh : Kutnadi

Batang, Antara Jateng - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengalokasikan anggaran renovasi Pasar Bandar sebesar Rp3,57 miliar akibat kebakaran pada 2009 dan 2012.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Batang, Suharyanto di Batang, Rabu, mengatakan bahwa proses rehabilitasi Pasar Bandar tersebut mencakup semua los yang terbakar pada 2009 dan 2012.

"Sedikitnya 15 los yang dibangun menjadi lima los. Meski menjadi lima los, nantinya kondisinya akan lebih besar dan luas sehingga bisa lebih menampung para pedagang," katanya.

Menurut dia, sesuai 'detail engineering design (DED) maka konsep pembangunan renovasi pasar akan merangkum tiga los menjadi satu los sehingga dari 15 unit akan menjadi lima unit.

Terkait masalah pendanaan renovasi pembangunan Pasar Bandar, kata dia, ditanggung bersama oleh pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara, Pemprov Jateng (APBD I), dan Pemkab Batang.

"Total anggaran mencapai Rp3,57 miliar berasal dari APBN sebanyak Rp2,5 miliar, APBD I Rp370 juta, dan APBD II Rp700 juta," katanya.

Ia mengatakan bahwa renovasi pembangunan Pasar Bandar Kecamatan Bandar itu ditargetkan selesai pada 2013 karena dananya hanya untuk satu tahun anggaran.

"Kami berharap renovasi pembangunan pasar itu dapat selesai pada tahun ini. Selain itu, kebakaran yang terjadi pada 2012 di pasar Bandar menjadi kasus yang terakhir," katanya.

***
 
Toggle Footer
Top