Wednesday, June 19, 2013
0 komentar

Pasar Tradisional Akan Dibangun di Cianjur Selatan

7:00 PM
Oleh: Benny Bastiandy
Pakuan - Rabu, 19 Juni 2013

INILAH.COM, Cianjur - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur sedang memikirkan membuat pasar tradisional di wilayah selatan Cianjur.

Pembahasan wacana pembangunan pasar tradisional itu mengingat selama ini hampir sebagian besar masyarakat menjual hasil buminya ke wilayah Kabupaten Bandung.

Kepala Seksi Prasarana Pasar Disperindag Kabupaten Cianjur, Sukri mengatakan, rencana membangun pasar tradisional, khususnya di Cianjur selatan itu guna mendorong penjualan hasil bumi yang selama ini didistribusikan ke wilayah Kabupaten Bandung. Wilayah yang difokuskan akan dibangun pasar tradisional itu berada di Kecamatan Sukanagara dan Naringgul.

"Kami memang sudah merencanakan membangun pasar tradisional di selatan dengan pertimbangan masih minimnya keberadaan pasar di Cianjur selatan. Tapi ini masih wacana, belum pada tahap realisasi," kata Sukri, belum lama ini.

Sukri mengatakan, selama ini keberadaan pasar di wilayah Cianjur selatan masih dalam skala kecil atau lebih pada pasar kaget. Nantinya jika pembangunan pasar tradisional terwujud, maka diharapkan bisa memaksimalkan penjualan hasil bumi.

"Masyarakat, khususnya di Kecamatan Naringgul atau Cidaun, lebih memilih menjual hasil buminya ke Kabupaten Bandung daripada ke Cianjur. Penyebabnya, letak geografis memungkinkan masyarakat melakukan transaksi dengan pedagang di Kabupaten Bandung, karena jarak ke Cianjur sangat jauh. Makanya, kami mencoba mewacanakan program pembangunan pasar tradisional di wilayah selatan," tuturnya.

Sukri tak bisa memastikan kapan wacana program pembangunan pasar tradisional di selatan Cianjur itu bisa terwujud. Sebab, sebuah program selalu dihadapkan dengan keterbatasan anggaran yang ada.

"Kita lihat dulu anggarannya. Kalau memungkinkan ada anggaran dari APBD kabupaten, tentunya kami akan segera realisasikan. Tapi butuh anggaran besar membangun sebuah pasar tradisional. Makanya kita upayakan juga mencari bantuan dana dari pusat atau provinsi agar program ini bisa segera terwujud," tandasnya.[jul]



 
Toggle Footer
Top