Tuesday, June 25, 2013
0 komentar

Masih Berpolemik, Pasar Klewer Diperbaiki Terbatas

4:56 PM
22 Juni 2013
SOLO, suaramerdeka.com - Pemkot Surakarta menyiapkan perbaikan terbatas terhadap bangunan Pasar Klewer, kendati rencana revitalisasi pasar tersebut masih terus berpolemik. Perbaikan tersebut dilakukan melalui perawatan rutin terhadap beberapa bagian bangunan.

"Kami akan berkoordinasi dengan empat paguyuban pedagang di Pasar Klewer. Dalam waktu dekat, pemeliharaan bangunan itu akan dilakukan. Adapun pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar empat bulan," terang Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), Subagiyo, Jumat (21/6).

Diakui, perbaikan bangunan pasar yang dibangun 1970-an itu sempat molor dari jadwal yang ditetapkan, yakni awal 2013. Pasalnya, proses lelang elektronik yang diselenggarakan pemkot harus diulang, karena lelang pertama tidak berhasil mendapatkan rekanan. Adapun nilai proyek tersebut berkisar Rp 425 juta yang diambil dari pos pemeliharaan pasar tradisional.

"Pengerjaan pemeliharaan itu meliputi perawatan dan perbaikan fisik bagian-bagian bangunan, terutama kanopi yang bocor. Selain itu, perbaikan juga dilakukan di bagian talang air, pintu dan sebagian saluran drainase."

Mantan Kepala Satpol PP dan Linmas ini menambahkan, koordinasi antara DPP dan pedagang tersebut diperlukan, karena proses pemeliharaan bangunan membutuhkan perhatian pihak terkait.

"Prosesnya relatif rumit. Pedagang harus menyesuaikan aktivitasnya dengan pelaksanaan pemeliharaan. Pekerja juga tidak bisa sembarangan, karena di sana banyak bahan tekstil yang mudah terbakar," jelas dia.

Untuk diketahui, penyelesaian bertahap polemik seputar revitalisasi Pasar Klewer molor dari rencana pemkot. Tahap pertama yang melibatkan pihak konsultan baru dijadwalkan pertengahan Juli. Padahal sebelumnya, pemkot menargetkan polemik tersebut bisa dirampungkan akhir Juni.
 
Toggle Footer
Top